Contoh Teks Pidato Sambutan Singkat Hari Pahlawan 10 Nopember

Advertisement
Advertisement
Pidato Sambutan Singkat – Tanggal 10 nopember merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal itu telah terjadi peperangan hebat antara Indonesia dengan Belanda demi mempertahankan kemerdekaan. Sejak kemerdekaan Indonesia diproklamasikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 agustus 1945, bangsa Indonesia semakin mati-matian berjuang demi mempetahankan kemerdekaan.

Awal mula terjadinya perang 10 Nopember adalah ketika Belanda mengibarkan bendera merah putih biru di tanah Surabaya, padahal saat itu Indonesia sudah merdeka. Karena pemuda Surabaya tidak suka dengan Belanda yang mengibarkan bendera merah putih biru, akhirnya pemuda surabaya merobek bendera warna biru nya dan mengibarkan kembali benera merah putih, dan itulah awal mula terjadinya perang 10 Nopember. Indonesia di suruh oleh Inggris untuk menyerah dan menghentikan perlawanan.

namun ultimatum ini dianggap menghina Bangsa Indonesia dan pada 10 November 1945 pagi kota Surabaya di Bombardir oleh tentara Sekutu dari darat, laut dan udara. Dibawah pimpinan Bung Tomo, warga Surabaya melawan serangan itu. Pertempuran itu berlangsung selama 3 minggu yang mengakibatkan ribuan pejuang Indonesia gugur. Untuk mengenang peristiwa pertempuran Surabaya yang menewaskan ribuan pejuang Indonesia tersebut, setiap tanggal 10 November Pemerintah Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan. 

Pada blog kali ini saya akan menuliskan contoh teks pidato sambutan singkat tentang “Hari Pahlawan 10 Nopember”. Berikut ini adalah ulasannya :

Contoh Teks Pidato Sambutan Singkat Hari Pahlawan 10 Nopember


Assalamu a’laikum wr.wb


Dengan iringan rahmat dan hidayah dari Alloh, tepat pada tanggal 10 Nopember tahun 2015 ini kita bangsa Indonesia memperingati hari yang sangat bersejarah yakni hari pahlawan. Sebagaimana saudara-saudara maklumi, bahwa pada tanggal 10 Nopember 1945 yang lalu di surabaya terjadi pertempuran yang sangat sekali, yang pada waktu itu dilakukan oleh arek-arek surabaya untuk menghancurkan tentara kaum penjajah yang bercokol di bumi kita, terutama yang ada di surabaya.

Dengan semangat berkorban yang menyala-nyala arek-arek Suroboyo yang dipimpinoleh Bung Tomo dan kawan-kawannya dengan mengucapkan kalimat takbir, Allohu Akbar-Allohu Akbar, arek-arek suroboyo menyerbu dan mengusir tentara sekutu, sebab arek-arek Suroboyo mempunyai keyakinan yang mendarah daging bahwa mati dalam membela negara adalah mati syahid. Semboyang arek-arek Suroboyo pada saat itu ialah : “Lebih baik kita mati berkalang tanah, daripada hidup dijajah.”

Dengan semangat kepahlawanan dan keberanian, juga didasari dengan cinta tanah air, arek-arek Suroboyo itu kemudian menjalar perlawanan yang hebat, dikota-kota lain untuk mengusir kaum perusuh dan penajajah. Dengan dibekali iman dan tawakal kepada Tuahan, jiwa patriotik arek-arek Suroboyo, maka perlawanan menjadi bersifat nasional, hingga menggoncangkan seluruh dunia. dimana dewan keamanan PBB ikut campur tangan dalam usaha menyelesaikan sengketa kita dengan pihak Belanda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air!


Didalam kesempatan ini, kami tidak akan menerangkan kembali secara terperinci, mengnai soal-soal yang berkenan dengan revolusi, yang penting bagi kita adalah mengambil hikmah dan suri tauladan dengan adanya peringatan tersebut. Sebagaimana kita maklumi tentang semangat patriotik arek-arek Suroboyo dalam rangka mengusir penjajah. Maka dari itu, kita ambil hikmah dari jiwa 45 itu bagi suksesnya pembangunan.

Sebagai akhir sambutan kami dengan penuh harapan agar saudara-saudara terutama generasi muda, sebagai generasi penegak dan penerus cita-cita bagsa, mewarisi jiwa pahlawan dan patriot untuk didamabaktikan kepada bangsa dan negara.

Dan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan taufik dan hidayahnya kepada semua bangsa Indonesia. Terimakasih.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb



Itulah contoh naskah sambutan singkat tentang "Hari Pahlawan 10 Nopember", semoga Pidato yang kami tulis bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog ini untuk mendapatkan info seputar Pidato Hari kartini yang sengaja kami tulis untuk mempermudahh anda.




Advertisement