Contoh Khutbah Jumat Terbaru Terlengkap - Kematian

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Khutbah Jumat -  Kutbah Jumat adalah salah satu rukun sahnya Jumat. Karena termasuk rukun makan jikalau ditinggalkan maka Jumatnya tidak sah. Dalam khutbah itu sendiri juga ada rukun dan syaratnya yang harus benar-benar diperhatikan dan dilaksanakan. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh teks khutbah singkat tentang kematian.

Pada teks khutbah banyak terdapat etika dan cara yang benar sesuai dengan syarat dan rukun khutbah . Diantara syarat khutbah dua adalah seorang khotib harus bersuci dulu dari hadats dua, memakai pakaian yang bersih dan suci, khotib juga harus menjaga etika berkhotbah diantaranya tidak boleh menggerakan tangan berbeda dengan orasi ataupun pidato bebas.

Contoh Khutbah Jumat Terbaru Terlengkap - Kematian


Khutbah Ke 1

اَلْحَمْدُ للهِ وَحْدَهُ، نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ اِلَيْهِ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرُ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَهُوَ الْمُهْتَدُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُرْشِدًا   أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ بَلَغَ الرِّسَالَةَ وَأَدَّى اْلأَمَانَةَ وَنَصَحَ لِلأُّمَّةِ وَتَرَكَنَا عَلَى الْمَحْجَةِ الْبَيْضَاءِ لَيْلَهَا كَنَهَارِهَا لاَ يَزِيْغُ عَنْهَا اِلاَّ هَالِكٌ  اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ دَعَا بِدَعْوَتِهِ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ, فَيَا عِبَادَ اللهِ اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي الْخَاطِئَةِ الْمُذْنِبَةِ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. وَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِي مُحْكَمِ التَّنْزِيْلِ بَعْدَ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُ الآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلا تَعْقِلُونَ


Hadirin ahli jum'at yang dimuliakan alloh
Marilah kita sama-sama bermusyahadah pada Alloh semoga senantiasa kita ada dalam lindungan dan ampunan-Nya. Setiap detik kita senantiasa mengingat akan kematian supaya kita tidak semena-mena hidup di dunia ini. Setiap yang bernyawa di jagat raya ini pasti akan mati, tak akan ada yang bisa lari dari firmanNya yang tersirat dalam AlQur'an.

Hadirin ahli jum'at yang dimuliakan alloh
Ingatlah saudara-saudara apa yang telah difirmankan oleh Allah swt. Dalam kitab suci al qur’an,surat Al An’am ,ayat 32:

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُ الآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلا تَعْقِلُونَ

Artinya: "Dan tidaklah kehidupan dunia ini,selain dari main-main  dan senda gurau belaka.dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi rang-orang yang bertaqwa” (QS.Al an’am:32)

Ketika kita memperhatikan realitas kehidupan di sekitar kita, tentu kita akan menemukan berbagai macam perkara, diantaranya adalah kenikmatan dan kesenangan duniawi, yang hanya bersifat sementara dan senda gurau belaka,yang banyak mengakibatkan seseorang lalai akan tuhan yangt maha agung. Mereka hanyut dalam kesenangan duniawi yang semu,sementara mereka lupa akan tuhannya,karena mereka hanya berlomba dalam hal keindahan dunia saja. Untuk mencapai apa yang di kehendaki, mereka tidak mempedulikan antara yang hak dan yang batil,antara halal dan haram.

Mereka melupakan kematian yang pasti akan terjadi, mereka terus menerus melakukan kerusakan,tanpa mau berpikir terhadap sesuatu yang pasti akan datang yang terus mengintainya dan hendak menjemputnya,yaitu kematian.

Hadirin ahli jum'at yang dimuliakan alloh
Banyak orang beranggapan,bahwa ia akan hidup terus dan dapat menikmati kenikmatan dunia selamanya. Padahal sesungguhnya kematian tidak akan melalaikan manusia,walaupun seseorang meiliki harta yang berlimpah, bangunan yang kokoh dan megah. Itu hanyalah ujian bagi mereka
Sang pencipta alam ini memberikan gambaran dalam Al Qur’an :

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Artinya: “Bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allahlah pahala yang besar.” (QS.Al Anfal:28)

Disamping itu, setiap orang pasti merasakan kematian yang mana akan mengakhiri semua urusan duniawi,dan pekerjaan rutinitas setiap hari. Kematian akan mendatangi seseorang tanpa memberitahu sebelumnya. kematian adalah ibarat sebuah gelas yang berisi minuman, yang setiap orang pasti meneguknya.


Seorang penyair berkata:

“siapa saja yang tidak mati waktu mudanya pasti mati masa tuanya kematian adalah ibarat gelas dan setiap orang merasakannya”

Dari sini hendaklah kita memanfaatkan waktu dengan baik untuk memperbanyak amal saleh sebelum ajal datang menjemput,dan minta ampunlah kepada allah swt dari segala dosa yang kita lakukan.. bukankah kematian datang tanpa memberitahu? Sungguh, wahai saudaraku,bahwa setiap manusia ketika datang kematian tidak ada tempat untuk berlari,untuk menghindar dan bersembunyi. Allah swt berfirman:

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ

Artinya: “Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS.An Nisa’:78)

Karena itu saudara-saudara sekalian, bahwa apa saja yang kita perbuat ,kita adalah lemah tidak ada daya dan tidak ada kekuatan dari manapun yang bisa mencegah datangnya kematian. Allah swt telah menetapkannya bagi kita semua , kita tidak bisa berbuat apa-apa,kecuali hanya pasrah kepada allah swt.ketika datang kematian dan minta pertolongan  kepadanya dari segala siksa yang menimpa kita di alam kubur. Karena siksa kubur tidak bisa di bayangkan pedihnya, tidak ada siksa dunia yang menyamai pedihnya  siksa kubur.

Orang yang di siksa di dalam kubur adalah yang sewaktu hidupnya hanya di hiasi dengan dosa dan permusuhan, tidak menghiasi hidupnya dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an .

Demikian apa yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga kita benar-benar menjadi muslim yang segera bertobat dan melakukannya dengan sungguh-sungguh,agar kita menjadi orang yang beruntung. Akhirnya terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafannya...  Wassalam.

اقــول قـولي هذا واســتغـفـرالله لي ولكم ولجميـع المســلمين والمســلمات انه هــو الـغـفـور الـرحيـم

Khutbah ke dua

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمن سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ وَأَمِيْنُهُ عَلَى وَحْيِهِ ؛ فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
أَمَّا بَعْدُ مَعَاشِرَ المُؤْمِنِيْنَ عِبَادَ اللهِ : اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى وَرَاقِبُوْهُ مُرَاقَبَةً مَنْ يَعْلَمُ أَنَّ رَبَّهُ يَسْمَعُهُ وَ يَرَاهُ  اللهم اغـفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والاموات اللهم اعـز الاسلام والمسلمين واهلك الكفرة والمشركين ودمر اعدائنا واعدائك اعداء الدين بحق رب العالمين ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار برحمتك يا ارحم الراحمين والحمد لله رب العالمين 
 عباد الله ان الله يأمر بالعدل والاحسان وايتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون ولذكر الله اكبر استغفرالله لي ولكم

Baca Juga :
Khutbah Jumat Lengkap

Advertisement