Kumpulan Naskah Pidato Sambutan Hari Kebangkitan Nasional

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Pidato Sambutan Singkat - Budi Utomo adalah sebuah Organisasi yang lahir pada tanggal 20 Mei, Budi Utomo memiliki beberapa tokoh penting di dalamnya, antara lain: Dr. Sutomo, Dr. Cipto Mangunkusumo, dan Gunawan Mangunkusumo. Sejak tahun 1915 organisasi Budi Utomo bergerak di bidang politik. Gerakan nasionalisme Budi Utomo yang berciri politik dilatari oleh berlangsungnya Perang Dunia I. Peristiwa Perang Dunia I mendorong pemerintah kolonial Hindia-Belanda memberlakukan milisi bumiputera, yaitu wajib militer bagi warga pribumi.

Dalam perjuangannya di bidang politik, Budi Utomo memberi syarat untuk pemberlakuan wajib militer. Menyadari arti penting manfaat organisasi pergerakan bagi rakyat, maka pada tahun 1920 organisasi Budi Utomo membuka diri untuk menerima anggota dari kalangan masyarakat biasa. Dengan bergabungnya masyarakat luas dalam organisasi Budi Utomo, hal ini menjadikan organisasi tersebut berfungsi menjadi pergerakan rakyat. Kondisi ini dibuktikan dengan adanya pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut kehidupan yang lebih baik.

Pada blog ini saya akan menuliskan contoh naskah pidato sambutan tentang “Memperingati Hari Kebangkitan Nasional”. Berikut adalah ulasannya :

Kumpulan Naskah Pidato Sambutan Hari Kebangkitan Nasional

Assalamu’alaikum Wr.wb

Saudara-saudara sebangsa dan setanah ai Indonesia yang tercintai.

Dengan memanjatkanpuja dan puji syukur terhadap Alloh Swt, karena dipagi yang cerah ini kita bisa berkumpul ditempat yang berbahagia ini, tanpa ada halangan sesuatu apapun.

Saudara-saudara sebangssa dan setanah air!

Pagi hari ini tepatnya pada tanggal 20 Mei 2016 segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati hari kebangkitan nasional karena pada tanggal tersebut Bapak DR. Wahidin Sudirohusodo telah mendirikan suatu organisasi yang bernama Budi Utomo. Dengan organisasi tersebut, bangsa Indonesia khususnya para pemuda mengadakan perlawanan terhadap kekejaman penjajah yang ada di nusantara ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air!

Dengan adanya organisasi Budi Utomo Nampak betul semangat juang para pemuda Indonesia untuk melawan penjajah yang ratusan tahun menguasai tanah air kita. Perlu kita ketahui juga, bahwasannya dengan adanya berdiri organisasi budi Utomo, karena factor, antara lain :
  • Kekejaman penjajah belanda makin hari makin nampak.
  • Pendidikan dan pengajaran bangsa Indonesia terbelengkalai 
  • Bertambah hari sikap belanda semakin angkuh.
  • Cinta telah merintis mendirikan perguruan-perguruan untuk masyarakatnya sendiri, dengan nama : CUNG HWA HWEE dan CUNG HWA CUNG HWEE.

Jadi empat factor tersebut diatas merupakan factor yang melatar belakangi berdirinya organisasi Budi Utomo. Bagi kita yang terpenting dalam memperingatii hari yang bersejarah itu adalah kita harus meneruskan perjuangan para pendahulu kita, kita mendukung dan peran aktip dalam pembangunan dewasa ini, kita tingkatkan sumber daya manusia, agar dalam kehidupan bangsa Indonesia semakin maju.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air !

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional ini, mudah-mudahan membawa manfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Billahi taufiq walhidayah.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Itulah sedikit contoh pidato sambutan singkat tentang memperingati hari kebangkitan nasional. Terimakasih telah berkunjung ke alamat blog kami, semoga apa yang kami tulis bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih.

Advertisement