Contoh Naskah Pidato Sambutan Pernikahan Dalam Islam

Advertisement
Advertisement
Pidato Sambutan Pernikahan Singkat – Kata nikah berasal dari bahasa arab yang berarti bertemu, berkumpul. Menurut  istilah  nikah ialah suatu ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan untuk hidup bersama dalam suatu rumah tangga melalui aqad yang dilakukan menurut hukum syariat  Islam. Dalam pernikahan terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi, seperti Rukun Nikah dan Syarat Nikah. Kedua hal tersebut menjadi syarat mutlak yang harus ada ketika kita mau melangsungkan pernikahan.

Pernikahan merupakan salah satu kewajiban umat muslim yang harus dilaksanakan ketika sudah merasa mampu untuk menikah. Namun bilamana kita belum mampu untuk melaksanakan nikah, maka kita belum wajib untuk melaksanakan pernikahan tersebut. karena pada awalnya nikah adalah hukumnya sunah. Namun jika kita sudah mampu maka itu hukumnya menjadi wajib. Dalam pernikahan juga ada yang hukumnya haram, seperti tidak mampu memberi nafkah dan tidak mampu melakukan hubungan seksual.

Pada blog ini saya akan menuliskan Contoh Teks Pidato Sambutan Singkat Tentang Pernikahan. berikut ini adalah ulasannya :


Contoh Naskah Sambutan Pernikahan Dalam Islam


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Bapak-bapak, saudara sekalian yang kami hormati 


Pada siang hari ini patutlah kiranya kita mengucapkan puji syukur kehadirat Alloh SWT, dimana pada kesempatan ini dan detik ini kita bisa hadir disini ditempat untuk memenuhi undangan bapak ……… sekeluarga.


Saudara-saudara sekalian yang saya hormati 


Kami atas nama wakil dari shohibul hajjah, mengucapkan banyak terimakasih atas kedatangan para hadirin dalam rangka memenuhi undangan bapak….. untuk menyaksikan perkawinan anaknya yang bernama…… yang mendapat jodoh seorang lelaki yang bernama……Juga kami atas nama bapak…… sekeluarga mohon do’a restu dari bapak sekalian untuk anak kami yang baru saja akad pernikahannya sudah dilangsungkan dengan selamat dengan disaksikan oleh walinya. Semoga kedua remaja yang telah mengikat hubungan cintanya ini selalu mendapat berkah dan petunjuk dari Alloh. Sehingga apa yang dicita-citakan oleh mempelai berdua ini sampai pada tujuannya. 

Hadirin sekalian yang kami hormati.

Sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa diantara ummatnya yang tidak suka kepada kawin maka orang itu tidak dianggap sebagai umatnya. Dan barang siapa yang mau mengerjakan atau melaksanakan kawin/nikah maka ia dianggap sebagai umatnya.” Dalam sebuah hadist yang lain dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda : “Wahay para kawula muda, barang siapa diantara kalian yang sudah mampu untuk melaksanakan nikah, maka nikahlah , maka sesungguhnya kawin itu dapat menundukan mata dan bisa menjaga kemaluan, dan barang siapa yang tidak bisa melaksanakan nikah, maka lebih baik kerjakanlah puasa. Maka dengan puasa itu nafsu kita akan terjaga/terkendali.”

Hadirin sekalian yang kami hormati!

Kiranya hanya ini saja yang dapat kami sampaikan sepatah dua kata dalam acara ini semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi kedua mempelai dan umumnya bagi semua para hadirin yang hadir disini.


Akhirnya wabillahi taufiq wal hidayah war ridlo wal inayah, Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Itulah contoh teks sambutan pernikahan yang dapat kami tuliskan semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih

Advertisement