Kumpulan Contoh Naskah Pidato Singkat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Pidato Singkat – Hari sumpah pemuda adalah hari teristimewa dalam sejarah bangsa Indonesia, dimana dihari itu para pemuda Indonesia mengikrarkan janji terhadap bangsanya sendiri yaitu Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan hasil dari perjuangan keras rakyat yang selama ratusan tahun berada di bawah garis penjajahan atau tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong semangat para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yakni pada tanggal 17 Agustus 1945.

Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia atau yang sekarang disebut sebagai Jakarta.

Baiklah, pada blog kali ini saya akan menuliskan contoh naskah pidato singkat tentang Hari Sumpah Pemuda. Berikut ini adalah ulasannya :

Contoh Naskah Pidato Singkat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober




Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Alloh SWT, pada hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air

Pagi ini tepatnya tanggal 28 Oktober tahun 2015 segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada tanggal tersebut mempunyai arti terpenting dalam sejarah bangsa, karena generasi muda mengadakan kongres II di jakarta mengikrarkan sumpah sakti yanng mengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Adapun isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut :

  • Kami putra-putri bangsa Indonesia mengaku, bertumpah darah satu tanah air Indonesia
  • Kami putra-putri bangsa Indonesia mengaku, berbangsa satu bangsa Indonesia
  • Kami putra-putri bangsa Indonesia mengaku, berbahasa satu bahasa Indonesia

Itulah ikrar sumpah pemuda yang telah dikenal oleh semua lapisan bangsa Indonesia. dengan memperingati hari Sumpah pemuda, yang terpenting bagi kita semua adalah hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sekalian sebangsa dan setanah air

Demikianlah pidato saya dalam acara memperingati hari sumpah pemuda ini, muddah-mudahan generasi semakin muda kita semakin bersemangat dalam melaksanakan berbagai aktifitas yang positif. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Itulah contoh teks pidato sambutan singkat tentang “Hari Sumpah Pemuda”, semoga apa yang kami tulis bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Ada pula Khutbah Idul Fitri yang telah selesai kami tulis semoga dapat membantu anda.

Advertisement