Contoh Pidato Singkat Hari Raya Kurban

Advertisement
Advertisement
Pidato Idul Adha Singkat – Idul adha merupakan hari raya besar bagi umat Islam, kenapa dikatakan hari raya besar? Karena dihari itu terdapat suatu kejadian besar, yaitu penyembelihan hewan kurban atau yang sering kita sebut sebgai hari raya kurban. Bagi umat muslim yang sudah merasa mampu untuk melaksanakannya, maka hukumnya adalah wajib.

Ada beberapa hewan kurban yang bisa atau yang diharuskan untuk disembelih, yaitu unta, kambing, dan sapi, ketiga hewan tersebut adalah hewan yang diharuskan untuk disembelih, dengan catatan hewan tersebut sudah layak untuk di kurbankan atau disembelih menurut syarat dan ketentuan dalam ajaran islam. 

Pada blog kali ini saya akan menuliskan contoh teks pidato singkat Hari Raya Kurban yang bertepatan dengan idul adha atau hari raya kurban yang agung. Berikut ini adalah ulasannya :

Contoh Naskah Pidato Singkat Hari Raya Kurban

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wbarokatuh

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati 

Pertama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Alloh SWT karena pada hari ini kita bisa bertemu dalam keadaan sehat walafiat, tanpa ada halangan apapun.

Mudah-mudahan shalawat beserta salam semoga tetap dilimpah curahkan kepada Nabi besar kita yakni kanjeng Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang merubah tatanan jahiliyah menjadi tatanan Islam.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia

Kita sekarang ini berada dalam bulan Dzulhijjah atas yang sering kita sebut sebagai bulan haji. Pada bulan ini seluruh umat Islam diwajibkan untuk berangkat haji, namun kewajiban tersebut hanya untuk orang yang mampu dan sehat saja, sedangkan bagi orang yang tidak mampu untuk melaksanakannya itu tidak wajib.

Kaum muslimin dan muslimat yamg berbahagia

Haji mabrur tentunya akan membuahkan berbagai macam kemanfaatan, baik bagi dirinya, keluarga, maupun lingkungannya. Berkaitan dengan perintah haji ini, sebagaimana yang telah di jelaskan Alloh dalam al-Qur’an :

Artinya : “Dan mengerjakan ibadah haji itu adalah kewajiban manusia terhadap Alloh, yaitu bagi orang yang anggup untuk mengerjakan perjalanan ke Baetullah.

Dalam bulan Dzuhijjah, tepatnya tanggal 10 ada juga perintah untuk menyembelih hewan ternak, baik berupa kambing, sapi, maupun unta. Perintah kurban ini ditujukan kepada orang yang telah mampu dalam rangka mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Perintah menyembelih kurban ini sebagaimana ijelaskan Alloh dalam firmannya :

Artinya : “Maka kerjakanlah sholat, dan sembelihlah kurban”.

Demikianlah pidato saya dalam acara idul kurban, mdah-mudahan yang saya sampaikan tadi membawa manfaat bagi saya peribadi dan bagi kaum muslimin pada umumnya, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wabillahi taufik Wal hidayah

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Itulah contoh teks pidato tentang Memperingati Hari Raya Kurban. Terimakasih telah berkunjung ke alamat blog kami, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih 


Advertisement